KKN Revolusi Mental

Revolusi Mental adalah suatu gerakan sosial yang secara masif dapat didorong melalui kegiatan KKN yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi. Kegiatan KKN ini mempunyai nilai strategis karena mahasiswa dinilai sebagai kelompok intelektual yang masih didengar dan dipercaya oleh masyarakat terlebih kegiatan KKN dapat menjangkau berbagai pelosok di Indonesia.

Melalui kegiatan KKN Revolusi Mental (RM) ini, mahasiswa diharapkan menjadi agen perubahan dengan mensosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk melakukan perubahan sejalan dengan nilai-nilai revolusi mental. Perubahan yang diharapkan terjadi melalui kegiatan KKN RM adalah terwujudnya sikap melayani, kehidupan yang tertib, dan lingkungan yang bersih.

Pada tahun 2017, total Mahasiswa yang mengikuti  KKN Revolusi Mental adalah sebanyak 561 orang dengan 20 Dosen Pembimbing Lapangan.Adapun wilayah yang dijadikan lokasi KKN RM pada tahun 2017 adalah Kab./ Kota Padang Pariaman, Solok Selatan, Pesisir Selatan, Tanah Datar, Agam, 50 Kota, Pasaman, Pasaman Barat, Sijunjung, Dhamasraya, Sawah Lunto terdiri dari desa Anduring, Kec 2 x 11 Kayu Tanam Ulakan, Ulakan, Kec Ulakan Tapakis, Pakan Rabaa Utama, Kec Koto Parik Gadang Diateh, Bomas, Kec Sungai Pagu, Kambang Barat, Kec. Lengayang, Talaok, Kec. Bayang, Sungai Tarap, Kec. Sungai Tarap, Baringin, Kec. Limo Kaum, Bawan, Kec. Ampek Nagari, Tiku Utara, Kec. Tanjung Mutiara, Koto Gadang Enam Koto, Kec. Tanjung Raya, Harau, Kec. Harau, Talang Maua, Kec. Mungka, Ganggo Mudiak, Kec. Bonjol, Sinuruik, Kec. Talamau, Tanjung Lolo, Kec. Tanjung Gadang, Taratak Baru, Kec. Tanjung Gadang, Sungai Rumbai, Kec. Sungai Rumbai, Gunung Medan, Kec. Sitiung, Rantih, Kec. Talawi.

PRAKTIK AKSI NYATA
INDONESIA MANDIRI

Pembuatan roket air, Pengolahan dan peningkatan usaha dodol durian, ikan, tanaman hias dengan metode hydrogel, Sosialisasi pembuatan pestisida nabati, Pengolahan limbah jagung bernilai Kampus Limau Manis Padang, Sumatera Barat 74 75 AKSI NYATA Kuliah Kerja Nyata Gerakan Nasional Revolusi Mental ekonomis tinggi, Sosialisasi hama terpadu terhadap tanaman kakao, Penyuluhan teknologi pengolahan biji, Pemanfaatan botol bekas menjadi tempat pensil, Sosialisasi pembuatan pestisida nabati daun pepaya, Pembuatan pupuk kompos dari sayuran, buah dan pakan ternak, penyuluhan pemasaran hasil pertanian nagari Harau, Pelatihan pembuatan olahan variasi kacang hijau, Pembuatan Telor Asin rendah kolesterol dan telur pindang, tanaman TOSAGA, Pelatihan pengolahan berbahan dasar kayu dan pengolahan hasil tani, UMKM pembuatan selai dari kulit pisang dan bolu ubi ungu.

PRAKTIK AKSI NYATA 
INDONESIA BERSIH;

Pemeriksaan kesehatan gratis dan cuci tangan memakai sabun, Penanaman pohon pelindung pencegah abrasi pantai, Pembuatan MCK, penyuluhan tidak merokok di dldalam rumah, senam sehat lansia, penyuluhan HIV/AIDS dan tuberkolosis, Pelatihan lubang sampah keluarga, Dokter kecil, Generasi sehat bebas cacing, Pentingnya jajanan sehat, Pembersihan sampah di sungai, Home visit untuk kesehatan, Penyerahan bak sampah kepada aparatur nagari, Penyuluhan PHBS, Sosialisasi kesehatan gigi dan mulut, Penyuluhan kesehatan mata dan virus mata, Penyuluhan scabies, air dan kesehatan lingkungan, Pembuatan tong sampah dengan gotong royong.

PRAKTIK AKSI NYATA 
INDONESIA MELAYANI;

Pembuatan tanda jalur evaluasi tsunami, Pembuatan website nagari, Sosialisasi pembuatan E-KTP dan Akte Kelahiran, Edukasi alur dan prosedur penggunaan BPJS, Pemeriksaan kelengkapan dokumen kependudukan, Penyuluhan tentang KDRT, Sosialisasi penggunaan Media Sosial, Sosialisasi penggunaan TIK dan manajemen waktu, Penyuluhan wajib pajak PBB, Simulasi E-Voting di Nagari, Pembuatan database Nagari, Pelatihan pengelolaan website Nagari, Pengumpulan angket kesehatan, Pembuatan alur pengurusan surat di kantor wali nagari, Pemasangan lampu jalan, Pembuatan Video Profil Nagari,

PRAKTIK AKSI NYATA 
INDONESIA BERSATU;

Sosialisasi dasar-dasar mitigasi bencana, Pekan Raya BOMAS (Cooking competititon, eksplorasi dan promosi wisata nagari), Membangun jalan lingkar desa, Operasi semut dengan para pemuda setempat, Jelajah Alam bersama guru dan Siswa SD.

PRAKTIK AKSI NYATA 
INDONESIA TERTIB;

Pelatihan tertib lalu lintas dan sosialisasi anti korupsi sejak dini, Edukasi efek penyalahgunaan narkoba, Penyuluhan etika berkendara dan keselamatan.

 

 

Read 2517 times Last modified on Sabtu, 23 Juni 2018 16:59