Tata Tertib Pelaksanaan KKN-PPM

Tata Tertib 

Selama pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata - Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM), mahasiswa wajib untuk:

  1. Menggunakan jaket almamater setiap pelaksanaan kegiatan KKN-PPM.
  2. Mengikuti seluruh kegiatan KKN-PPM sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.
  3. Menetap di lokasi KKN-PPM dan tidak diperkenankan meninggalkan lokasi tanpa izin  Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), kecuali untuk keperluan sangat mendesak seperti:

    -> Mahasiswa sakit berar dan memerlukan perawatan dan penanganan medis. Selain itu, harus dilengkapi dengan surat keterangan dokter dan jumlah hari masksimal yang diizinkan adalah selama 7 hari.
    -> Anggota keluarga kandung mahasiswa tertimpa musibah dan jumlah hari maksimal yang diizinkann adalah selama 2 hari.
    -> Kegiatan monitoring kompetisi yang diadakan oleh DIKTI (PKM, KRI, KRTI, On MIPA, dan sejenisnya) dengan dilengkapi surat ijin yang dibuat oleh bidang kemahasiswaan Universitas Andalas dan diketahui oleh Wakil Rektor III Universitas Andalas.

    Selain itu, mahasiswa yang meninggalkan lokasi harus mempunyai bukti izin dari DPL berupa surat ijin meninggalkan lokasi yang ditanda tangani oleh koordinator mahasiswa dan kepala jorong/dusun. Jika DPL tidak berada ditempat, mahasiswa wajib menghubungi DPL melalui telepon dengan bukti izin berupa SMS/pesan media sosial dari DPL.

  4. Melaksanakan tugas-tugas KKN PPM dengan penuh rasa tanggung jawab dan dedikasi tinggi.
  5. Menghayati da menyesuaikan diri dengan kehidupan di lokasi KKN-PPM.
  6. Membina silaturrahmi dengan sesama mahasiswa, masyarakat, pemerintahan nagari/desa, instansi/ dinas pemerintah dan pihak-pihak terkait.
  7. Menjaga seluruh barang/harta pribadi yang dibawa ke lokasi menjadi tanggung jawab masing-masing mahasiswa.
  8. Mengisi logbook dan absensi tiap hari serta menyerahkanlaporan akhir dan dokumen lainnya tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Logbook harus ditanda tangani oleh mahasiswa dan kepala jorong serta Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)
  9. Setiap Nagari/Desa wajib membuat Profil Nagari sesuai dengan format yang telah disediakan oleh PU-KKN.

Selama pelaksanaan KKN-PPM, mahasiswa dilarang untuk:

  1. Melakukan perbuatan dan kegiatan yang melanggar hukum, adat istiadat setempat dan norma agama.
  2. Melakukan kegiatan politik praktis, unjuk rasam ikut serta dalam Pilkada/Pilnag/Pilkades baik secara langsung maupun tidak langsung.
  3. Membawa/menggunakan kendaraan roda empat (mobil) dan atau barang mewah lainnya kecuali pada waktu penghantaran dan penjemputan.
  4. Membawa keluarga atau teman ikut menginap di lokasi KKN-PPM.
  5. Meninggalkan lokasi KKN-PPM tanpa seizin Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Sanksi terhadap Pelanggaran Tata Tertib

Beberapa kategori sanksi untuk pelannggaran tata tertib dalam pelaksanaan KKN-PPM adalah:

  1. Pelanggaran ringan. Untuk pelanggaran ringan, sanksi yang diberikan dalam bentuk pengurangan poin atau nilai lapangan.
  2. Pelanggaran sedang. Untuk pelanggaran sedang, sanksi yang diberikan dalam bentuk penurunan nilai akhir (nilai huruf) satu tingkat atau lebih dari nilai akhir yang diperoleh. Misalnya dari A ke A- atau A ke B+ dst.
  3. Pelanggaran berat. Untuk pelanggaran berat, sanksi yang diberikan dalam bentuk diskualifikasi terhadap keikutsertaan dalam KKN-PPM. Adapun contoh pelanggaran berat diantaranya meninggalkan lokasi KKN-PPM tanpat izin atau izin sakit melebihi 7 hari atau izin melihat keluarga sakit/meninggal melebihi 2 hari. khusus untuk kegiatan wajib yang tidak dilaksnakan diantaranya kegiatan utama (A) dan kegiatan tambahan (c) (adat istiadat dan budaya lokal) maka nilai mahasiswa bersangkutan dinyatakan tidak lulus (E).

Selain itu, jenis penggaran dan bentuk sanksi yang diberikan akan dirumuskan dan ditetapkan oleh komisi disiplin KKN-PPM Universitas Andalas yang dibentuk berdasarkan kasus yang ada. Komisi disiplin ini berkumlah 5 (lima) orang yang terdiri dari unsur pimpinan PU-KKN Universitas Andalas sebanyak 2 (dua) orang dan unsur Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) sebanyak 3 (tiga) orang. Keputusan komisi disiplin ini bersifat dinal dan mengikat bagi semua mahasiswa KKN-PPM Universitas Andalas.

Read 1722 times Last modified on Jumat, 16 Februari 2018 17:58